Cara Merawat dan Sistem Penyiraman Vertical Garden

Mengetahui cara merawat dan sistem penyiraman vertical garden yang baik dan benar tentu sangat penting. Bagi Anda yang memiliki taman vertikal di rumah atau di kantor, Anda pasti tahu dengan pasti jika taman jenis ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah tidak makan banyak tempat dan terbilang mudah perawatannya.



Meski mudah perawatannya, bukan berarti vertical garden dapat dibiarkan tak terurus begitu saja. Berikut ini adalah sedikit tips tentang cara merawat dan sistem penyiraman vertical garden. Anda dapat mempraktekkan tips-tips di bawah ini agar vertical garden yang Anda miliki selalu terlihat terawat dan rapi.

1. Perhatikan Sistem Penyiraman Vertical Garden

Salah satu aspek terpenting dalam merawat vertical garden adalah memperhatikan sistem penyiraman atau pengairannya. Biasanya, ada dua cara paling umum yang digunakan dalam vertical garden. Cara yang pertama adalah menggunakan sistem penyiraman otomatis dan cara yang kedua adalah dengan sistem penyiraman manual.

Dalam sistem pengairan otomatis, sudah ada alat tersendiri yang terpasang pada struktur vertical garden sehingga Anda tidak perlu menyirami tanaman secara manual. Air akan selalu mengalir saat dibutuhkan. Jika vertical garden di rumah Anda menggunakan sistem penyiraman otomatis ini, pastikan Anda sudah mengecek dengan rutin tiap bidang vertical garden yang ada.

Pastikan penyiramannya sudah merata sehingga tidak ada tanaman yang tidak terkena air. Jika tanaman tidak terkena air dalam jangka waktu lama, bisa dipastikan tanaman akan cepat layu dan kering.


Dalam sistem pengairan manual, Anda harus melakukan buka tutup keran secara manual untuk mengairi vertical garden Anda. Jika ini adalah sistem yang digunakan pada vertical garden di rumah Anda, pastikan bidang tanam dan tanaman dalam vertical garden Anda sudah benar-benar basah dan terkena air sebelum Anda menutup keran kembali.

Jika tanaman tak cukup basah atau terkena air, maka tanaman juga akan mengalami resiko cepat layu dan kering.

Baca juga : Jasa pembuatan vertical garden murah di jakarta

2. Beri Pupuk Secara Berkala

Banyak jenis tanaman dalam vertical garden yang diklaim sangat mudah perawatannya. Jangankan diberi pupuk, konon katanya mereka pun tak perlu disiram air sering-sering. Meski demikan, pemberian pupuk secara berkala nyatanya penting untuk merawat tanaman.

Apalagi di jenis taman yang jarang terkena sinar matahari seperti vertical garden. Pemberian pupuk dapat membuat tanaman mendapat cukup banyak nutrisi. Alhasil, mereka bisa tumbuh dengan lebih sehat dan subur.

3. Bersihkan Daun dan Pangkas Batang Tanaman

Selain  menyirami tanaman dengan rutin dan juga memberikan pupuk secara berkala pada tanaman di taman vertikal Anda, Anda juga harus rutin membersihkan daun dan melakukan pemangkasan agar taman vertikal Anda tetap terawat. Daun-daun yang mengering dapat mengurangi estetika taman vertikal Anda. Selain itu, jika terhalang oleh daun-daun kering yang tak pernah dibersihkan, tanaman juga akan berkurang kesuburannya.



Karenanya, bersihkan daun-daun kering pada taman vertikal Anda paling tidak setiap 2 minggu sekali. Selain daunnya, pastikan juga batang tanaman yang sudah tak berarturan dipangkasn secara rutin. Batang tanaman yang pertumbuhannya tidak beraturan tak hanya akan mengganggu kesuburan tanaman, tapi juga membuat taman vertikal Anda terlihat tak rapi.

Demikianlah tips tentang cara merawat dan sistem penyiraman vertical garden. Jika Anda ingin taman vertikal di rumah atau kantor Anda selalu terlihat rapi dan terawat, ikutilah tips-tips di atas. Niscaya, vertikal garden di rumah Anda tak hanya akan menjadi penghias dinding saja, tapi juga akan memberikan keindahan tersendiri yang menambah estetika rumah atau kantor Anda.

Related Posts: