Mengenal Apa itu Taman Vertikal ? Jasa Vertikal Garden Murah

Taman vertikal atau vertical garden adalah salah satu jenis taman yang disukai oleh masyarakat yang tinggal di kawasan penduduk. Di jenis kawasan seperti ini, jangankan memiliki taman atau kebun tanaman sendiri di rumah, memiliki rumah dengan luas yang cukup saja kadang tidak bisa tercapai. Orang-orang yang tetap memiliki hasrat tinggi untuk menghiasi rumahnya dengan taman kemudian harus memutar otak bagaimana caranya memiliki taman di lahan yang terbatas dan cenderung sempit. Di sinilah vertikal garden menjadi satu solusi yang terbaik. Karena struktur taman yang berbentuk vertikal (tegak lurus), hasrat untuk dapat memiliki taman di area rumah atau kantor yang sempit dapat tetap terpenuhi. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang vertical garden, berikut ini informasi selengkapnya untuk Anda.

Mengenal Apa itu Taman Vertikal ? Jasa Vertikal Garden Murah

Mengenal apa itu Taman Vertikal garden ? 

Vertical garden dapat didefinisikan sebagai taman yang menggunakan bidang tegak lurus sebagai media tanamnya. Karena bentuknya yang kemudian terlihat seperti dinding, jenis taman ini sering pula disebut sebagai taman dinding. Salah satu alasan mengapa taman jenis ini menjadi populer adalah karena taman ini dapat dibangun di rumah atau area yang sempit. Namun selain itu, jenis taman ini juga mudah dirawat dan dapat ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Jenis tanaman yang dapat ditanam menggunakan metode taman dinding ini bervariasi, mulai dari tanaman hias hingga sayur dan buah. Untuk menanam tanaman pada bidang tegak lurus, tanaman akan ditanam terlebih dahulu di dalam wadah plastik khusus atau di dalam pot. Tanaman kemudian akan disusun dengan rapi pada bidang vertikal yang sebelumnya telah disediakan. Tanaman disusun serapat mungkin sehingga tidak ada jarak yang tersisa di antara tanaman dan membuat taman seperti tembok hijau. Orang-orang menyukai jenis taman ini karena dapat membuat ruangan lebih asri dan sedap dipandang. Taman jenis ini cocok ditaruh di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Keunggulan Taman Vertikal
Vertical garden memiliki banyak sekali keunggulan yang membuatnya laris di pasaran. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari memiliki vertical garden di rumah atau kantor Anda:

Dapat Dibangun di Lahan Sempit
Vertical garden memang sangat berguna bagi orang-orang pecinta tanaman yang hanya memiliki lahan sempit di rumah atau kantor. Lahan sempit tersebut tentunya tidak cukup untuk menanam tanaman dengan metode taman horisontal biasa. Namun dengan menggunakan metode veritcal garden ini, meski lahannya sempit taman tetap bisa dibuat dengan indah dan rapi. Penggunaan lahan untuk membuat vertical garden memang sangat sedikit. Hal inilah yang membuat taman bisa dibangun di mana saja. Jenis taman ini akan tetap hemat lahan meski dibangun di kawasan indoor maupun outdoor. Dengan hadirnya metode vertical garden ini, masalah keterbatasan lahan bukanlah hal yang menjadi persoalan lagi bagi pecinta tanaman.Suasana rumah atau kantor tetap bisa hijau dan asri dengan taman dinding seperti ini.

Dapat Dibangun di Dinding Setinggi Apapun

Pada dasarnya vertical garden dapat dibuat menyerupai dinding. Karena itulah, jenis taman ini dapat dibangun di ketinggian berapapun. Taman dapat dibuat pada ketinggian beberapa meter hingga belasan meter. Inilah mengapa vertical garden dapat difungsikan pula sebagai dekorasi yang menarik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Dapat Dibuat Pola-Pola Menarik
Cara penanaman vertical garden dengan menggunakan pot atau kantong plastik khusus dahulu baru kemudian disusun memungkinkan taman untuk dibuat pola-pola menarik. Dengan memanfaatkan perbedaan warna antara satu jenis tanaman dengan tanaman yang lainnya, tentunya taman bisa dibuat dengan pola tertentu yang indah dan menarik untuk dipandang. Selain itu, taman juga bisa dibuat dengan mencantumkan inisial pemilik rumah atau gambar bentuk apapun sesuai selera Anda.

Taman Bisa Langsung Jadi

Jika Anda membutuhkan taman dalam waktu singkat, taman vertikal adalah jenis taman yang cocok untuk Anda. Jenis taman ini dapat dibuat dalam waktu singkat dan taman juga bisa langsung jadi dan dinikmati. Anda tidak perlu menunggu beberapa minggu atau bahkan bulan agar taman tumbuh dengan rimbun dan rapat, layaknya saat Anda membuat taman biasa. Saat membuat vertical garden, tanaman biasanya sudah tumbuh dan tinggal dipindah ke dalam pot atau media kantong tanam khusus, baru kemudian disusun pada bidang vertikal selera.

Perawatan Sangat Minim
Vertical garden menggunakan sistem penyiraman otomatis. Anda tidak perlu khawatir lupa menyiram tanaman. Karena perawatan yang sangat minimal ini, siapapun bisa merawat taman jenis ini dengan mudah. Taman ini tidak membutuhkan penyiraman rutin dan perawatan rutin layaknya taman horisontal biasa,

Harga Pembuatannya Terjangkau
Salah satu hal yang paling menguntungkan dari pembuatan vertical garden adalah pembuatannya tidak membutuhkan banyak uang. Karena harga pembuatannya yang terjangkau inilah semua orang bisa membuat taman jenis ini. Jika dilihat lebih jauh, memang ada jenis vertical garden yang biaya pembuatannya sangat mahal karena menggunakan bahan-bahan impor dan diisi dengan jenis tanaman yang harganya juga mahal. Tapi, banyak juga taman vertikal bisa juga dibuat dengan metode lain yang lebih terjangkau dan juga menggunakan tanaman dengan harga yang lebih murah. Dengan dana terbatas pun, vertical garden dapat tetap mempercantik ruangan rumah maupun kantor.

Proses Pembuatan Taman Vertikal
Bagaimana sebuah vertical garden dibuat? Ya, pertanyaan ini memang sering muncul di benak banyak orang. Pembuatan vertical garden sebenarnya cukup simpel dan mudah. Pertama-tama, kita harus mempersiapkan pot atau kantong tanam yang akan dipergunakan untuk menanam tanaman. Media tersebut kemudian diisi dengan tanah dan tanaman. Kedua, kita harus mempersiapkan "dinding" untuk menyusun taman.

Taman vertikal dibangun secara berlapis. Lapisan pertama adalah struktur rangka baja ringan. Rangka baja ini memiliki fungsi untuk membuat taman tidak membebani dinding. Jadi, meski terlihat menempel pada dinding, sebenarnya taman memiliki rangka sendiri yang terpisah dari dinding. Ketiga, kita harus mempersiapkan lapisan polycarbonat. Lapisan ini mencegah dinding dari rembesan air sisa penyiraman tanaman. Dinding akan tetap kering karena lapisan ini berfungsi menjadi isolator. Keempat, tanaman yang sudah dipersiapkan pada pot atau kantong kemudian disusun. Tempat menyusun tanaman ini adalah pada lapisan geotextile atau glasswool.

Terakhir, taman diberi sistem penyiraman otomatis. Sistem irigasi pada vertical garden terdiri dari penampung air, pompa air, timer, katup solenoid, dan saluran pipa penghubung. Karena vertical garden menggunakan sistem penyiraman otomatis seperti ini, Anda tidak perlu khawatir lupa menyiram tanaman pada jenis taman ini.

Demikian info tentang taman vertikal. Jika Anda memang ingin memiliki jenis taman seperti ini di rumah karena keterbatasan lahan, banyak jasa pembuatan vertical garden yang kini sudah tersedia. Pilihlah jasa pembuatan vertical garden yang menawarkan harga terjangkau dan juga memberi hasil akhir yang berkualitas.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan taman vertikal garden, silahkan hubungi kami di nomor kontak dibawah ini.

Tukang taman jakarta


Related Posts: