Minggu, 09 Januari 2022

Jasa Tukang Taman Vertikal Jakarta Hub. 085697778658 - Cipta Karya Landscape

 Jasa Tukang Taman Vertikal Jakarta - Cipta Karya Landscape

Tukang Taman Jakarta - Taman vertikal atau yang biasa disebut dinding hijau merupakan alternatif untuk Anda yang ingin menikmati suasana taman hijau tetapi terkendala dengan lahan yang sempit. Taman vertikal juga sebagai bentuk pengaplikasian dari green lifestyle. Vertical garden atau taman vertikal merupakan tanaman yang sengaja dibuat dengan sistem vertikal yang mana berbagai jenis dan spesies tanaman akan menghiasi seluruh dinding. Dengan adanya taman vertikal tentu membuat interior rumah Anda lebih baik dan alami.

Taman vertikal merupakan taman yang akan dibangun pada bidang tegak lurus dengan tanah. Sesuai dengan namanya, taman vertikal merupakan rangkaian tanaman yang ditanam pada media tanam yang tersusun ke atas atau model dinding. Di Indonesia sendiri, taman vertikal seringkali disebut green wall, living wall, landscape dan lainnya.

Tujuan dari dibangun taman vertikal salah satunya yaitu mengatasi keterbatasan lahan yang ada dan sebagai dekorasi rumah. Selain itu, taman vertikal dapat menjadi ruang hijau yang berguna sebagai penahan panas matahari, mengurangi polusi udara, meningkatkan suplai oksigen, meredam polusi udara dan banyak lainnya.

Tukang Taman Vertikal Jakarta

Cipta Karya Landscape menyediakan layanan yang lengkap dan terjangkau bagi Anda yang membutuhkan jasa tukang pembuatan vertikal garden di Jakarta. Lihat jasa yang kami tawarkan disini.

Melayani berbagai jenis proyek pembuatan taman vertikal atau vertical garden di Jakarta menjadi hal yang luar biasa bagi kami. Mulai dari perencanaan, desain awal, penawaran harga, pengadaan bahan baku hingga memberikan yang terbaik sesuai dengan deadline perjanjian. Kami mengerjakan secara professional dan tepat waktu jadi Anda tidak perlu khawatir.

Dengan demikian, kami sebagai tukang taman vertikal di Jakarta akan menangani pembuatan taman vertikal baik untuk rumah, restoran, café dan tempat lain yang membutuhkan. Anda hanya perlu memberikan gambar kerja dan dimensinya pada kami atau hal ini juga dapat kita bicarakan. Tidak hanya itu saja, desain vertical garden juga dapat dikonsultasikan pada kami terlebih dahulu. Selanjutnya, kami akan melakukan pengadaan bahan yang dibutuhkan dan pengerjaannya di lapangan dengan sebaik mungkin.

Jenis Taman Vertikal

Taman vertikal memiliki dua jenis yaitu green facades dan living wall :

  • Green facades, dalam sistem ini dinding akan ditumbuhi tanaman yang langsung merambat ke dinding. Dalam perawatannya, pemilik taman vertikal hanya memerlukan pemangkasan rambatan yang sekiranya menganggu pemandangan.
  • Living wall, dinding akan diberi media tanam untuk tumbuh tanaman. Umumnya, terdiri dari rangka (frame), panel tanaman berupa pot atau kantung, sistem irigasi atau penyiraman dan pemupukan secara berkala dan otomatis, media tanam dan tanaman itu sendiri. Bisanya tanaman yang terpilih lebih variatif dan bukan tanaman rambat.

Kedua sistem tanam memang memiliki tujuan yang berbeda tetapi secara fungsi masih melengkapi dasar dari keberadaan taman vertikal sebagai alternatif lahan tanam.

Manfaat Taman Vertikal

Taman vertikal dalam ruangan akan membantu menyaring atau membesihakn udara, mengurangi polusi dan menghilangkan zat yang tidak baik bagi tubuh seperti formaldehyde dan benzene. Dengan adanya taman vertikal maka kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih baik. Bagi rumah yang memiliki langit-langit tinggi dan ruang terbuka maka taman vertikal akan ditempatkan dengan baik untuk membantu menyerap kebisingan sehingga penghuni rumah mendapatkan lingkungan yang lebih tenang. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa taman vertikal yang ada di kantor akan membuat para pekerja menjadi lebih produktif. Kehadiran taman vertikal di tempat kerja membantu mengurangi stress. Dinding yang hijau akan membuat suasana dalam ruangan menjadi lebih sejuk dan segar.

Kelebihan Taman Vertikal

  • Menambah kecantikan pada sebuah ruangan atau tempat outdoor
  • Mengurangi polusi udara
  • Dapat dipindahkan dan dipasang pada dinding rumah ataupun apartemen
  • Menghemat penggunaan lahan
  • Lebih fleksibel dan terjangkau
  • Mudah dalam perawatan

Kekurangan Taman Vertikal

  • Membutuhkan keahlian khusus dalam membuatnya
  • Membutuhkan perangkat tertentu
  • Biaya yang digunakan dalam membuat taman vertikal lebih mahal daripada menanam tanaman dengan cara konvensional
  • Dapat terlihat kacau jika tidak tersusun dengan baik dan tidak menggunakan tanaman yang tepat sesuai yang dipilih
  • Lebih cepat kering (menghindari pemakaian wadah berwarna hitam atau abu-abu jika taman vertikal terletak pada tempat yang terkena sinar matahari langsung)

Tanaman untuk Taman Vertikal

Setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda. Ada sebagian tanaman yang memang untuk kondisi lembab tetapi sebagian lain tahan terhadap kering. Berbagai jenis tanaman ini juga haus mendapatkan tempat yang tepat dalam taman vertikal. Tanaman yang membutuhkan kelembaban harus diletakkan di posisi bawah. Sebaliknya, tanaman yang tahan terhadap kondisi kering harus ditempatkan di bagian atas. Arah posisinya juga harus sesuai dengan intensitas matahari yang dibutuhkan tanaman tersbut.

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat dipilih untuk diletakka di taman vertikal. Beberapa tanaman ini memiliki keunggulannya masing-masing sebagai berikut :

  • Tanaman tahunan (perenial). Usianya panjang dan tidak membutuhkan perawatan intensif.
  • Tanaman semak (shrubs). Ketinggiannya kurang dari satu meter sehingga tidak perlu sering dipangkas, seperti walisongo, seruni, zodia, dan dracaena.
  • Tanaman penutup (ground cover). Tanaman jenis rumput-rumputan yang dapat menutupi media tanam, seperti hema, kucai mini, kacang-kacangan, dan sutra bombai.
  • Tanaman tahan kekeringan. Disukai karena terkesan liar. Contohnya, aneka pakis, aneka anggrek, dan aneka jenis bromeliad.
  • Tanaman berkayu. Tahan kekeringan, seperti saraca, pucuk merah, soak, kembang sepatu, dan jenis ficus.
  • Tanaman tumbuh menjuntai. Biasa digunakan pada vertical garden sistem pot. Contohnya, lee quan yeuw, malaythong, dan asystasia.
  • Tanaman merambat. Biasa digunakan untuk vertical garden yang dibentuk berdasarkan pola tertentu. Misalnya, skindapsus, pandorea, passiflora, air mata pengantin, dan melati belanda.

Cipta Karya Landsape – Tukang Taman Jakarta

Jika Anda menginginkan taman untuk tempat Anda tinggal tetapi terhalang oleh lahan, maka taman vertikal atau vertical garden menjadi solusi yang tepat. Hubungi tukang taman Jakarta untuk pembuatan taman vertikal di rumah Anda.

Telepon : 0821-1888-1722

Whatsapp : 085697778658