Jasa Perawatan Taman Jakarta Murah

Jasa Perawatan Taman Jakarta Murah – Apabila Anda memiliki lahan yang luas di rumah, maka tentunya Anda pun bebas mengalokasikan kreasi untuk membuat taman sesuai dengan keinginan tanpa harus terkendala luasan lahan. Hanya memang lebih membutuhkan banyak materi pendukung taman. Seperti tanaman dan material lainnya.


Tetapi untuk memiliki sebuah taman, sebenarnya tidak selalu harus memiliki lahan yang luas. Jika Anda hanya memiliki lahan sempit, Anda pun dapat menata tanaman dan bunga-bungaan sebagai pendukung taman ke dalam pot. Anda juga dapat berkreasi menata tanaman-tanaman tersebut sesuai keinginan. Bahkan hal ini bisa menjadi hobi sebagai luapan jiwa seni.

Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memilih untuk membuat taman atau kebun di hunian Anda. Tak hanya dapat mempengaruhi kesehatan fisik saja, taman juga memiliki dampak positif bagi mental seseorang.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar setiap rumah memiliki taman. Walau taman yang dimiliki tak terlalu luas, tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh generasi baik tua maupun muda.

Untuk mendapatkan taman yang indah dan segar tentunya Anda pun harus rutin dalam merawat taman di hunian. Hal ini diperlukan karena taman berisi tanaman juga merupakan makhluk hidup yang bertumbuh layaknya manusia.

Jasa Lainnya :
Tak hanya karena itu saja, lokasi taman yang berada di area luar tentunya membuat material keras seperti pot, gentong, bebatuan, jalan setapak, dinding ekspose menjadi mudah berlumut dan kotor.

Jika dibiarkan, maka membuat taman tak lagi indah dan nyaman. Sebuah taman akan terkesan liar dan tidak teratur. Untuk itu Anda butuh merawatnya secara rutin.


Ternyata tidak terlalu cukup sulit untuk dapat melakukan perawatan di hunian. Hanya saja tentunya Anda harus meluangkan waktu agar Anda bisa melakukan perawatan taman ini secara berkala. Peralatan yang dibutuhkan adalah gunting taman, mesin pemotong rumput jika memiliki lahan yang luas, pupuk, tambahan media tanam jika diperlukan, sekop kecil, cangkul dan sapu.

Juga sikat untuk membersihkan pot dan materi lainnya yang berlumut dan kotor. Jika perlu, menambah tanaman sebagai pengganti tanaman yang rusak atau mati. Guna membantu Anda dalam melakukan perawatan taman agar tetap indah dan segar, berikut Ciptakarya Landscape memberikan tips dan trik terkait cara mudah merawat taman di hunian Anda.

Penyiraman
Dalam melakukan perawatan taman tentu penyiraman taman menjadi sala satu aspek penting. Penyiraman perlu dilakukan dengan tepat dan teratur agar tanaman tidak mengalami kekeringan atau kelebihan air.

Kenali gejala tanaman yang kekurangan atau kelebihan air. Tes tingkat kebasahan tanah dengan menggunakan jari dan lakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan. Perlu diketahui bahwa waktu yang paling tepat untuk melakukan kegiatan penyiraman taman adalah di pagi atau sore hari sehingga proses peresapan air bisa berjalan lebih sempurna.

Pemangkasan
Tak hanya penyiraman saja yang perlu dilakukan secara teratur, pemangkasan tanaman juga perlu untuk Anda lakukan secara rutin agar taman di hunian Anda dapat tetap terlihat indah dan rapi. Pemangkasan tanaman ini sangat wajib tentunya dilakukan untuk Anda yang memiliki taman minimalis di hunian agar taman Anda tetap dapat menonjolkan kesederhaannya. Pemangkasan bisa dilakukan dengan memotong cabang, dahan, atau daun tanaman.

Berikut ada beberapa tips berkaitan dengan pemangkasan yang merupakan bagian dari perawatan taman adalah:

Pergunakan alat seperti gunting dan sabit yang bersih dan tajam untuk mempermudah proses pemangkasan.


Pangkas batang dan daun yang bergerombol dengan tujuan agar cahaya matahari dan udara bisa bersirkulasi dengan bebas. Hal ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman. Khusus untuk tanaman buah, pemangkasan seperti ini akan membantu menghasilkan panen yang berlimpah.
Jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak tanaman Anda. Disarankan agar tidak memangkas lebih dari 1/3 bagian pohon untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jangan lupa membersihkan area taman dari tanaman kering dan daun-daun kering yang mungkin masih menempel pada pohon. Kumpulkan daun-daun kering tersebut dan manfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos.

Perhatikan kebersihan elemen keras
Selalu perhatikan kebersihan material keras seperti gentong, batu setapak, dinding ekspose, karena biasanya kotor dan berlumut. Hal ini disebabkan karena material-material ini terletak di area luar sehingga terkena panas dan hujan dan mudah berlumut serta berdebu.

Anda dapat melakukan pembersihan dengan air bersih. Untuk kotoran yang sulit, Anda pun bisa menggunakan sabun atau pembersih khusus. Dengan melakukan pembersihan elemen-elemen keras ini, maka taman di hunian Anda pun akan semakin menjadi lebih indah dan bersih kembali.

Jaga kualitas media taman
Untuk dapat menjaga kualitas media taman, Anda perlu melakukan pengemburan tanah secara teratur. Pengemburan tanah secara teratur ini dilakukan guna memudahkan akar tanaman dalam mendapatkan oksigen dan menyerap air. Struktur tanah serta media tanam yang baik untuk tumbuhan haruslah gembur, mudah hancur, dan mudah digali. Untuk tanaman dalam pot, perlu dilakukan penggantian media tanam secara berkala. Selain itu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar dan sesuai dengan ukuran tanaman tersebut.

Mengganti tanaman yang telah rusak dan mati
Tanaman yang telah rusak dan mati, baik oleh hama atau karena kurang penyiraman, akan membuat taman menjadi terlihat meranggas. Ada baiknya, tanaman tersebut diambil dan digantikan dengan tanaman yang baru dan subur.

Bisa dengan tanaman yang sama jenisnya, atau tanaman berbeda jenis agar tidak bosan. Maka sebuah taman akan kembali asri dan terlihat segar.

Pengendalian hama
Dan tips terakhir yang wajib untuk Anda lakukan guna merawat taman di hunian adalah melakukan pengendalian hama. Lakukanlah pengendalian hama ini mulai dari upaya pencegahanya, yaitu menjaga kebersihan taman dan area sekitar, serta menjaga tingkat kelembapan.

Bila hama sudah menyerang, basmi habis dengan cara sederhana yaitu dengan mengambil dan membuang hama seperti belalang, siput, dan lainnya, atau gunakan bantuan obat-obatan pembasmi hama. Anda bisa menggunakan obat hama biologis yang aman, ramah lingkungan, dan mudah untuk dibuat, atau dengan menggunakan pestisida.


Bagaimana? Ternyata sebuah taman juga perawatan secara berkala, ya. Tak hanya cukup senang saja saat memandangnya, tetapi juga harus telaten merawatnya. Karena ternyata sebuah taman mencerminkan karakter pemiliknya, loh. Jika taman terlihat asri, indah dan nyaman, berarti pemiliknya rajin dan menyukai keindahan.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak untuk melakukan perawatan taman sendiri juga tak perlu cemas karena sudah ada Ciptakarya Landscape yang menerima jasa perawatan taman Jakarta murah. Tak perlu ragu, karena Ciptakarya Landscape sudah lama bergerak di bidang jasa tukang taman Jakarta dan sekitarnya.

Didukung dengan tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam pengerjaan berbagai proyek taman di Jabodetabek, Ciptakarya Landscape siap menjadi solusi perawatan taman rumah Anda.


Related Posts: