Taman Tropis Modern, Solusi Mudah Hias Taman di Rumah

 

Taman tropis temasuk ke dalam desain taman yang cukup mudah diaplikasikan pada rumah. Taman tropis memiliki ciri khas tanaman yang rimbun sehingga memiliki kesan teduh. Taman tropis juga dapat dilengkapi dengan tanaman khas pantai seperti pohon kelapa sehingga cocok untuk suasana liburan di rumah.Taman tropis biasanya dipenuhi dengan tanaman tropis yang selalu bertahan sepanjang tahun. Tanaman tersebut ditata dengan apik berdasarkan ketinggian atau komposisi warna sesuai konsep yang direncanakan oleh desainer dan pemilik taman.

Umumnya, tanaman tropis banyak mengadopsi hutan tropis yang penuh dengan pepohonan berwarna hijau dengan beragam jenis tanaman. Taman dengan lahan yang luas mampu menempatkan pohon besar dan banyak tanaman tropis dengan menghadirkan air terjun mini, sungai buatan serta kolam ikan, bahkan kolam renang. Berderet pohon-pohon raksasa, tanaman yang didominasi oleh warna hijau, daun pohon yang rindang menjadi peneduh dari panasnya matahari. Batu-batu kali yang dipotong dan disusun juga menjadi salah satu ciri taman gaya tropis.

Ada berbagai jenis tanaman tropis yaitu pohon palem, bambu, rerumputan, tanaman tudung, flamboyan, bunga soka, kamboja dan lainnya. Pemandangan warna-warni pada tanaman hias dapat ditata menjadi hamparan taman yang mendukung gaya tropis. Meskipun seringkali dikritik karena tumbuh terlalu besar atau melayang, pohon palem dan bambu akan menguntungkan gaya dan suasana kebun. Hal ini dikarenakan kedua pohon tersebut menyediakan suara hembusan angin dan dedaunan yang melengkapi taman dengan langit-langit seperti pakis dan dinding hijau yang rapat.

Konsep taman tropis tidak hanya diterapkan untuk Anda yang memiliki taman berukuran luas. Anda yang memiliki lahan sempitpun tetap bisa membuat taman bergaya tropis. Menempatkan tanaman gantung dan menghadirkan pot-pot dengan bambu air, bambu mini, lidah buaya merupakan solusi untuk lahan sempit atau menempatkan salah satu dari tanaman tersebut di salah satu dinding teras juga memberikan efek menyejukkan.

Namun, untuk menghadirkan taman tropis tidak lengkap jika hanya meletakkan berbagai macam tanaman khas daerah tropis. Perlu adanya beberapa elemen taman tropis lain yang melengkapi keindahan taman.

Elemen Taman Tropis Modern

Berikut ini elemen-elemen taman tropis yang akan melengkapi keindahan taman topis di rumah Anda :

·         Pepohonan tropis

Elemen utama tentu jenis tanaman yang perlu disesuaikan untuk taman tropis. Jenis tanaman palem, pisang-pisangan, anturium dan berbagai tanaman lain yang berdaun lebar seperti talas. Saat menentukan pilihan tanaman, pastikan untuk mempertimbangkan komposisi tanaman. Komposisi ini dapat dilihat dari ukuran dan jenis daun tanaman tersebut, baik tanaman berbentuk pohon atau semak.

·         Elemen kayu

Kayu dapat dihadirkan melalui dek untuk gazebo atau bagian teras. Pilihan kayu juga tidak harus kayu alami karena semua bergantung pada budget dan selera Anda. Kayu alami tentu tampilannya lebih indah dan alami tetapi harganya relatif lebih mahal dan memerlukan perawatan yang ekstra agar kayu terjaga dari resiko lapuk.

·         Batu

Batu yang ada pada taman tropis dapat berupa stepping stone atau yang biasa disebut jalan setapak. Selain itu, dapat juga berupa patung ataupun susunan batu estetis yang unik. Untuk taman tropis di area perbatasan, hamparan batu koral, batu kali hingga batu kerikil bisa menjadi pilihan.

·         Air

Taman tropis juga lekat dengan unsur air. Jika Anda memiliki lahan yang luas maka kolam renang akan melengkapi keindahan taman tropis Anda. Suasana kolam berhiaskan pepohonan khas tropis membuat siapapun merasakan seperti berlibur di villa. Jika lahan tidak cukup, Anda dapat membuat kolam ikan atau sekedar air terjun mini pada salah satu sudut taman.

·         Gazebo

Gazebo pada taman tropis menambah fungsi taman selain untuk keindahan rumah tetapi juga untuk area berkumpul keluarga. Gazebo taman tropis didominasi material kayu. Sementara pada atap atau kanopinya dapat menggunakan material alam seperti ijuk atau bambu.

·         Lampu taman

Ketika membuat desain taman tropis penting untuk memasang lampu dekoratif. Kap lampu yang menyerupai gazebo dapat menjadi pilihan untuk tampilan taman yang lebih unik. Tapi lampu taman biasa tanpa dekorasi juga bisa Anda pilih karena taman tropis pada dasarnya memanfaatkan cahaya lampu untuk kesan hangat di malam hari. Menambahkan lampu sorot atau spotlight pada tanaman tropis berukuran besar untuk memberikan kesan dramatis pada lingkup taman.

Cipta Karya Landscape

Kami menyediakan jasa pembuatan taman tropis di Jakarta dan sekitarnya. Dengan pengalaman dan ketekunan, kami mampu menjadi solusi bagi Anda untuk mewujudkan taman tropis impian di rumah. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut, kami akna senang hati memberikan solusi terbaik untuk Anda.


Related Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *