10 Jenis Tanaman untuk Vertical Garden

Mengetahui 10 jenis tanaman untuk vertical garden memang penting dilakukan sebelum membuat taman jenis ini di rumah atau kantor Anda. Vertikal garden atau yang biasa disebut pula dengan taman dinding adalah taman yang dibangun pada bidang tegak lurus. Taman jenis ini merupakan solusi tepat bagi Anda yang memiliki rumah atau kantor dengan luas terbatas namun tetap ingin memiliki taman. Ada banyak jenis tanaman yang dapat ditanam menggunakan metode vertikal garden ini. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Lipstick Plant (Aeschynantus Radicans)

Lipstick Plant (Aeschynantus Radicans)

Tanaman ini sering disebut dengan istilah bunga lipstik karena warna merah menyalanya menyerupai pemulas bibir. Bunga lipstik ini memang cocok dijadikan tanaman gantung. Karena tidak butuh tanah yang dalam untuk hidup, tanaman ini cocok untuk taman vertikal baik yang indoor maupun outdoor.

2. Kuping Gajah (Anthurium Crystalium)
Kuping Gajah (Anthurium Crystalium)

Kuping gajah memiliki daun lebar berbentuk hati dengan corak berwarna putih keperak-perakan. Tanaman ini tidak membutuhkan air terlalu banyak untuk bertahan hidup. Selain itu, perawatan tanaman jenis ini juga terbilang cukup mudah. Hal ini membuat tanaman ini digadang-gadang sebagai tanaman hias yang cocok untuk taman vertikal.

3. Dollar Plant

Dollar Plant

Tanaman ini cocok bagi Anda yang memiliki vertical garden yang luas. Dollar plant atau syngonium ini memiliki akar yang kuat yang akan mencengkram tembok tempat tumbuhnya. Alhasil, tanaman ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki vertical garden yang kuat dan tak mudah roboh.

4. Soapwort
Soapwort

Tamanan hias nan cantik ini memiliki sifat tahan panas dan juga tidak menyerap kelembaban terlalu banyak sehingga cocok menjadi tanaman yang ditanam pada taman vertikal. Karena tanaman ini membutuhkan banyak paparan sinar matahari untuk tetap dapat hidup, tanaman ini lebih cocok digunakan pada vertical garden outdoor.

5. Lili Paris (Chlorophytum Comosum)



Tanaman ini memiliki daun kecil yang memanjang dengan garis putih berwarna kuning di atasnya. Karena terkenal sebagai tanaman yang tidak rewel alias sangat mudah dalam perawatannya, tanaman ini sering dijadikan pengisi taman vertikal. Tanaman ini mempunyai ketahanan yang baik terhadap sinar matahari langsung. Namun, lili paris ini akan hidup lebih lama jika ditanam pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

6. Begonia

Begonia

Jenis tanaman selanjutnya yang ada di daftar 10 jenis tanaman untuk vertical garden  ini adalah Begonia. Begonia tidak memerlukan banyak sinar matahari untuk tumbuh. Karenanya, tanaman dengan corak daun yang unik ini cocok digunakan sebagai tanaman pengisi vertical garden jenis indoor.

7. Mandevilla

Mandevilla

Tanaman rambat berbunga putih, kuning, dan merah ini cocok ditanam pada vertical garden karena memang lebih kuat terhadap serangan hama dan mudah tumbuh di iklim tropis. Karena tanaman ini memiliki sulur yang kadang tidak tumbuh searah batangnya, lebih baik gunakan tali rafia untuk mengikat tanaman ini pada vertical garden Anda.

8. Hosta

Hosta

Hosta disebut juga dengan nama funkia atau giboshi. Tanaman dengan bunga berwarna keungu-unguan ini memang laris dijadikan salah satu pengisi taman vertikal. Sifat dari tanaman perennial ini adalah tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari untuk bertahan hidup. Alhasil, tanaman ini cocok untuk dijadikan pengisi vertical garden yang tidak banyak mendapatkan sinar matahari.

9. Sirih Merah


Sirih merah termasuk tanaman merambat yang gampang tumbuh di media apapun dan gampang perawatannya. Selain tak perlu sering disiram air, sirih merah juga lebih tahan terhadap kelembaban dan juga tak perlu banyak sinar matahari untuk hidup. Alhasil, tanaman ini cocok bagi Anda yang memiliki vertical garden di dalam ruangan (indoor).

10. Tanduk Rusa (Platycerium Bifurcatum)

Tanduk Rusa (Platycerium Bifurcatum)

Tanaman yang bentuknya menyerupai tanduk rusa jantan ini dapat tumbuh mudah di tempat yang lembab dan teduh. Karenanya, tanaman ini cocok untuk vertical garden indoor di rumah Anda. Tanaman ini juga terkenal mudah perawatannya dan cantik bentuknya. Inilah mengapa tanduk rusa merupakan salah satu dari 10 jenis tanaman untuk vertical garden.

Baca juga : Jasa Pembuatan Vertikal Garden Jabodetabek

Related Posts: