Cara Pasang Batu Sikat atau Batu Alam Lantai Garasi

Cara Pasang Batu Sikat atau Batu Alam Lantai Garasi - Batu sikat atau biasa dikenal koral sikat memang menjadi favorit banyak kalangan untuk membuat lantai carpot, lantai garasi,kamar mandi,lantai teras,dinding rumah dll.

Cara Pasang Batu sikat atau Batu Alam Lantai Garasi
Contoh Lantai Garasi yang sudah kita kerjakan

Dalam pemasangan batu sikat perlu adanya kombinasi dari beberapa jenis dan motif koral sikat, sehingga hasilnya akan lebih cantik. Sebagai contoh dalam membuat lantai garasi, batu yang bisa digunakan adalah dari jenis batu andesit kemudian bisa anda kombinasikan dengan jenis batu koral atau batu sikat lainya.  Baca : 9 Motif Batu Sikat atau Koral Sikat

Nah banyak yang belum tahu bagaimana sebenarnya cara pemasangan batu sikat atau koral sikat ? berikut ini kami bocorkan cara yang benar dalam pemasangan batu alam koral sikat untuk lantai garasi.

Cara Pasang Batu sikat atau Batu Alam Lantai Garasi
Contoh Lantai Halaman Rumah yang sudah kita kerjakan

Cara Pasang Batu sikat atau Batu Alam Lantai Garasi


1. Menentukan Lantai yang akan dipasangai batu sikat.

Tahap pertama, tentukan terlebih dahulu media atau lantai yang akan dipasangi batu sikat, seperti lantai carpot, lantai garasi, atau lantai teras maupun dinding rumah. Nah supaya pemasangan batu sikat lebih gampang, usahakan media memiliki tekstur kasar, hal ini akan memudahkan dalam pemasangannya batu sikat.

2. Membuat Desain Pemasangan Batu sikat

Setelah menentukan lantai atau media pemasangan, langkah selanjutnya adalah membuat desain batu sikat pada media atau lantai garasi, carpot dll.

3. Membuat cetakan batu sikat

Cetakan batu sikat digunakan untuk tujuan supaya motif batu sikat dapat sesuai dengan permukaan media yang digunakan. Jangan lupa untuk mengolesi pembatas dengan oli supaya tidak lengket dan agar mudah dilepas ketika kering.

4. Mempersiapkan dan Memasukan Adukan Semen

Siapkan adukan semen untuk pemasangan batu sikat, takaran adukan semen adalah 1:1 hal ini supaya batu sikat dapat lekat dengan kuat di lantai. Setelah adukan siap, masukan adukan tersebut kedalam cetakan yang sudah disiapkan, untuk hasil yang maksimal, usahakan adukan semen benar-benar padat dan rata dalam cetakan, cek dan pastikan tidak ada rongga dalam adukan semen.

5. Menata Batu sikat

Setelah adukan semen dipadatkan, masukan koral sikat atau batu sikat kedalam cetakan dan tata sesuai dengan motif dan desain yang sudah disiapkan sebelumnya. supaya hasil maksimal, tekan permukaan dengan menggunakan papan atau triplek hal ini agar batu sikat dapat merata dan rapi sesuai desain.

6. Menunggu Kering

Dalam keadaan setengah kering, langkah selanjutnya silahkan sikat permukaan koral atau batu sikat dengan menggunakan sikat kawat kuningan, dengan demikian tekstur tidak rusak dan menjadi halus.

7. Finishing

Setelah selesai melakukan penyikatan batu sikat, silahkan bersihkan permukaan batu dengan menggunakan kain basah dengan demikian motif batu sikat akan lebih tampak jelas terlihat.

8. Langkah terkahir Coating

Untuk menghindari adanya serangan lumut dan supaya batu sikat selalu tampak basah, silahkan gunakan pelapis dipermukaan batu sikat, namun hal ini hanya jika memasang pada lantai indoor. Nah demikian info cara pasang batu sikat atau batu alam lantai garasi, lantai carport, maupun dinding rumah.

Jika anda memerlukan jasa tukang pemasangan batu sikat atau koral sikat, untuk lantai garasi/lantai carport dan sejenisnya, anda bisa menghubungi kami dengan kontak dibawah ini.

Related Posts: